La Liga

La Liga Untung Besar dari Pendapatan Audiovisual hingga Rp118,6 Triliun

La Liga untung besar dari pendapatan audiovisual. (Rahmat Ari Hidayat/Skor,id). Rahmat Ari Hidayat/Skor.id

SKOR.id - La Liga berhasil menyelesaikan proses tender hak siar di Spanyol untuk siklus musim 2027-2028 hingga 2031-2032 dengan total hak siar melampaui 5,25 miliar euro atau senilai Rp101,582 triliun.

Ini menandai peningkatan enam persen dibandingkan siklus sebelumnya dari 2022 hingga 2027, yang menghasilkan 4,96 miliar euro atau sekitar Rp95,971 triliun. Telefonica dan DAZN masing-masing mndapat hak siar untuk menayangkan lima laga setiap pekan selama lima musim.

Total dari nilai hak siar audiovisual domestik La Liga menjadi 6,135 miliar euro, atau sekitar Rp118,7 triliun, selama periode 2027-2028 hingga 2031-2032, yang meningkat sembilan persen dari siklus sebelumnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pertumbuhan ini didukung oleh performa kuat di pendukung lainnya, yaitu naik 30 pesen di segmen Horeca dari 500 juta euro menjadi hampir 650 juta euro, lalu peningkatan 40 persen hak siar La Liga Hypermotion, daari 125 juta menjadi 175 juta euro, serta siaran FTA dan video klip yang menghasilkan 60 juta euro, angka ini menegaskan ekspansi dan keberlanjutan model komersialisasi hak siar La Liga.

Presiden La Liga, Javier Tebas, menilai hal ini adalah kabar yang sangat baik untuk keberlanjutan finansial klub dan masa depan sepak bola profesional Spanyol.

"Dalam lanskap domestik dan internasional yang kompleks seperti saat ini, memperoleh lebih dari €6,135 miliar dari hak domestik dan pertumbuhan 9% secara keseluruhan, setara lebih dari €500 juta dibandingkan siklus sebelumnya adalah kabar sangat baik bagi keberlanjutan finansial klub kami dan masa depan sepak bola profesional Spanyol," kata Javier Tebas.

Presiden La Liga, Javier Tebas. (Yusuf/Skor.id).
Presiden La Liga, Javier Tebas. (Yusuf/Skor.id)

"Di saat banyak liga mengalami penurunan nilai media, pertumbuhan berkelanjutan dan rekor baru LALIGA menjadi sangat signifikan. Hasil ini mencerminkan kekuatan produk kami dan kepercayaan penyiar, yang sebagian besar didorong oleh komitmen kami memerangi pembajakan, membantu meningkatkan dasar pengguna operator, serta dedikasi Klub dalam meningkatkan konten audiovisual dan memberikan pengalaman terbaik untuk para penggemar," ujarnya menambahkan.

Telefonica dan DAZN juga memperkokoh posisi mereka sebagai mitra strategis bernilai tinggi bagi LA Liga berkat kualitas siaran kelas tas dan program inovatif mereka yang meningkatkan penonton dan kehadiran di stadion dalam beberapa musim terakhir.

Komitmen mereka pada inovasi dan kemampuan menyesuaikan diri dengan kebiasaan konsumen, memungkinkan La Liga memperluas jangkauan kepada penggemar lama dan baru. Kerangka kerja komersial selama lima tahun memberi stabilitas dan kepastian, memfasilitas perencanaan jangka panjang, menjamin investasi keberlanjutan dari penyiar, dan memperkuat keberlanjutan finansial klub.

La Liga juga mengucapkan terima kasih kepada dua operator tersebuta tas komitmen yang diperbarui terhadap produk premium ini, dengan DAZN tetap menjadi mitra penting di sejumlah pasar internasional.

Berhasilnya tender ini adalah hasil strategi yang dibangun di atas tiga pilar utama, peningkatan keberlanjutanproduk audiovisual La Liga yang dibuat menarik melalui investasi teknologi, dan partisipasi aktif dari klub-klub La Liga.

Pendekatan anti pembajakan komprehensif yang melindungi sumber pendapatan dan memperkuat kredibilitas ekosistem Audiovisual Spanyol. Ini menjadi pandangan strategis terhadap kerangka regulasi baru UEFA yang memungkinkan peluncuran tender lebih awal sehingga menghindari dampak negatif yang terlihat di kompetisi lain.

Kombinasi dari inovasi, perlindungan pasar, serta visi jangka panjang ini memperkuat kepemimpinan La Liga dalam lanskap media yang kini semakin kompetitif.


Sumber: skor.id